|
TERAPI
BERMAIN
|
||
|
|
|
|
STANDAR
OPERASIONAL PROSEDUR |
|
|
|
PENGERTIAN
|
1.
Cara
alamiah bagi anak untuk mengungkapkan konflik dirinya yang tidak disadari
(Wong: 1991)
2.
Bermain
merupakan kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkannya tanpa
mempertimbangkan hasil akhirnya (Hurlock: 1978)
3.
Kegiatan
yang dilakukan sesuai dengan keinginan dalam mengatasi konflik dari dalam
dirinya yang tidak disadari serta dengan keinginan sendiri ubtuk memperoleh
kesenangan (Roster: 1987)
|
||
TUJUAN
|
1.
Meminimalisir
tindakan perawatan yang traumatis
2.
Mengurangi
kecemasan
3.
Membantu
mempercepat penyembuhan
4.
Sebagai
fasilitas komunikasi
5.
Persiapan
untuk hospitalisasi atau surgery
6.
Sarana
untuk mengekspresikan perasaan
|
||
KEBIJAKAN
|
Dilakukan di Ruang rawat inap,
Poli tumbuh kembang, Poli rawat jalan dan Tempat penitipan anak
|
||
PETUGAS
|
Perawat
|
||
PERSIAPAN
PASIEN
|
1.
Pasien
dan keluarga diberitahu tujuan bermain
2.
Melakukan
kontrak waktu
3.
Tidak
ngantuk
4.
Tidak
rewel
5.
Keadaan
umum mulai membaik
6.
Pasien
bias dengan tiduran atau duduk, sesuai kondisi klien
|
||
PERALATAN
|
1.
Rancangan
program bermain yang lengkap dan sistematis
2.
Alat
bermain sesuai dengan umur/jenis kelamin dan tujuan
|
||
PROSEDUR
PELAKSANAAN |
A.
Tahap
Pra Interaksi
1.
Melakukan
kontrak waktu
2.
Mengecek
kesiapan anak (tidak ngantuk, tidak rewel, keadaan umum membaik/kondisi yang
memungkinkan)
3.
Menyaiapkan
alat
B.
Tahap
Orientasi
1.
Memberikan
salam kepada pasien dan menyapa nama pasien
2.
Menjelaskan
tujuan dan prosedur pelaksanaan
3.
Menanyakan
persetujuan dan kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan
C.
Tahap
Kerja
1.
Memberi
petunjuk pada anak cara bermain
2.
Mempersilahkan
anak untuk melakukan permainan sendiri atau dibantu
3.
Memotivasi
keterlibatan klien dan keluarga
4.
Memberi
pujian pada anak bila dapat melakukan
5.
Mengobservasi
emosi, hubungan inter-personal, psikomotor anak saat bermain
6.
Meminta
anak menceritakan apa yang dilakukan/dibuatnya
7.
Menanyakan
perasaan anak setelah bermain
8.
Menanyakan
perasaan dan pendapat keluarga tentang permainan
D.
Tahap
Terminasi
li>Melakukan evaluasi sesuai dengan tujuan
1.
Berpamitan
dengan pasien
2.
Membereskan
dan kembalikan alat ke tempat semula
3.
Mencuci
tangan
4.
Mencatat
jenis permainan dan respon pasien serta keluarga kegiatan dalam lembar
catatan keperawatan dan kesimpulan hasil bermain meliputi emosional, hubungan
inter-personal, psikomotor dan anjuran untuk anak dan keluarga
|
Contoh
Topik: Terapi bermain
Sub Topik: Mewarnai gambar
Sasaran: Anak Pra Sekolah
Tempat: Ruang perawatan anak
Waktu : 35 menit
Topik: Terapi bermain
Sub Topik: Mewarnai gambar
Sasaran: Anak Pra Sekolah
Tempat: Ruang perawatan anak
Waktu : 35 menit
A.
TUJUAN
1.
TIU (Tujuan
Instruksional Umum)
Setelah diajak bermain, diharapkan anak dapat melanjutkan tumbuh kembangnya, mengembangkan aktifitas dan kreatifitas melalui pengalaman bermain dan beradaptasi efektif terhadap stress karena penyakit dan dirawat
Setelah diajak bermain, diharapkan anak dapat melanjutkan tumbuh kembangnya, mengembangkan aktifitas dan kreatifitas melalui pengalaman bermain dan beradaptasi efektif terhadap stress karena penyakit dan dirawat
2.
TIK (Tujuan
Instruksional Khusus)
Setelah diajak bermain selama 35 menit, anak diharapkan:
Setelah diajak bermain selama 35 menit, anak diharapkan:
a.
Gerakan motorik halusnya
lebih terarah
b.
Berkembang kognitifnya
c.
Dapat mewarnai gambar
yang disukainya
d.
Dapat bersosialisasi dan
berkomunikasi dengan teman sebaya yang dirawat di ruang yang sama
e.
Kejenuhan selama dirawat
di RS berkurang
B.
PERENCANAAN
1.
Jenis Program Bermain
Mewarnai gambar dengan pensil warna/spidol/pantel pada kertas gambar yang telah tersedia
Mewarnai gambar dengan pensil warna/spidol/pantel pada kertas gambar yang telah tersedia
2.
Karakteristik bermain
a.
Melatih motorik halus
b.
Melatik kesabaran dan
ketelitian
3.
Karakteristik peserta
a.
Usia 3 – 6 tahun
b.
Jumalah peserta: 2 – 4
anak dan didampingi orang tua
c.
Keadaan umum mulai
membaik
d.
Klien dapat duduk
e.
Peserta kooperatif
4.
Metode: Demontrasi
5.
Alat-alat yang digunakan
(Media)
a.
Kertas gambar yang siap
diwarnai
b.
Alat untuk menggambar
(Pensil warna/spidol/pantel)
c.
Benang
d.
Penggaris
e.
Alat untuk melubangi
kertas (Perforator)
C.
STRATEGI PELAKSANAAN
1.
Persiapan: 5 Menit
a.
Menyiapkan ruangan
b.
Menyiapkan alat
c.
Menyiapkan peserta
2.
Pembukaan: 5 Menit
a.
Perkenalan dengan anak
dan keluarga
b.
Anak yang akan bermain
saling berkenalan
c.
Menjelaskan maksud dan
tujuan
3.
Kegiatan: 20 Menit
a.
Anak diminta untuk
memilih gambar yang ingin diwarnai yang sudah tersedia
b.
Kemudian anak dianjurkan
untuk mewarnai gambar dengan warna yang disukai
c.
Setelah selesai mewarnai
gambar, anak dibantu untuk melubangi bagian atas kertas gambar
d.
Dipasang benang
sepanjang ± 10 cm pada bagian atas yang dilubangi
e.
Gantungkan hasil
mewarnai gambar di dekat tempat tidur anak
4.
Penutup: 5 Menit
Memberikan reward pada anak atas hasil karyanya
Memberikan reward pada anak atas hasil karyanya
D.
EVALUASI YANG DIHARAPKAN
1.
Anak dapat mengembangkan
motorik halus dengan menghasilkan satu gambar yang diwarnai, kemudian digantung
2.
Anak dapat mengikuti
kegiatan dengan baik
3.
Anak merasa senang
4.
Anak tidak takut lagi
dengan perawat
5.
Orang tua dapat
mendampingi kegiatan anak sampai selesai
6.
Orang tua mengungkapkan
manfaat yang dirasakan dengan aktifitas bermain
Mengetahui
Pembimbing Praktek |
|
Nama
Mahasiswa
|
(………………..)
|
|
(………………….)
|
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI ASPEK KETRAMPILAN
TERAPI BERMAIN
TERAPI BERMAIN
No
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
BOBOT
|
NILAI
|
||
0
|
1
|
2
|
|||
A
|
ALAT
|
|
|
|
|
1
|
Rancangan program bermain yang
lengkap dan sistematis
|
3
|
|
|
|
2
|
Alat bermain sesuai dengan
umur/jenis kelamin dan tujuan
|
2
|
|
|
|
B
|
Tahap Pra Interaksi
|
|
|
|
|
1
|
Melakukan kontrak waktu
|
2
|
|
|
|
2
|
Mengecek kesiapan anak (tidak
ngantuk, tidak rewel, keadaan umum membaik/kondisi yang memungkinkan)
|
3
|
|
|
|
3
|
Menyaiapkan alat
|
2
|
|
|
|
4
|
Mencuci tangan
|
1
|
|
|
|
C
|
Tahap Orientasi
|
|
|
|
|
1
|
Memberikan salam kepada pasien dan
menyapa nama pasien
|
1
|
|
|
|
2
|
Menjelaskan tujuan dan prosedur
pelaksanaan
|
3
|
|
|
|
3
|
Menanyakan persetujuan dan
kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan
|
1
|
|
|
|
D
|
Tahap Kerja
|
|
|
|
|
1
|
Memberi petunjuk pada anak cara
bermain
|
3
|
|
|
|
2
|
Mempersilahkan anak untuk
melakukan permainan sendiri atau dibantu
|
2
|
|
|
|
3
|
Memotivasi keterlibatan klien dan
keluarga
|
3
|
|
|
|
4
|
Memberi pujian pada anak bila
dapat melakukan
|
3
|
|
|
|
5
|
Mengobservasi emosi, hubungan
inter-personal, psikomotor anak saat bermain
|
3
|
|
|
|
6
|
Meminta anak menceritakan apa yang
dilakukan/dibuatnya
|
3
|
|
|
|
7
|
Menanyakan perasaan anak setelah
bermain
|
3
|
|
|
|
8
|
Menanyakan perasaan dan pendapat
keluarga tentang permainan
|
2
|
|
|
|
E
|
Tahap Terminasi
|
|
|
|
|
1
|
Melakukan evaluasi sesuai dengan
tujuan
|
3
|
|
|
|
2
|
Berpamitan dengan pasien
|
1
|
|
|
|
3
|
Membereskan dan kembalikan alat ke
tempat semula
|
2
|
|
|
|
4
|
Mencuci tangan
|
1
|
|
|
|
5
|
Mencatat jenis permainan dan
respon pasien serta keluarga kegiatan dalam lembar catatan keperawatan dan
kesimpulan hasil bermain meliputi emosional, hubungan inter-personal,
psikomotor dan anjuran untuk anak dan keluarga
|
3
|
|
|
|
|
TOTAL
|
50
|
|
|
|
PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI ASPEK KETRAMPILAN
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK MENGGUNAKAN DENVER II
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK MENGGUNAKAN DENVER II
No
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
BOBOT
|
NILAI
|
||
0
|
1
|
2
|
|||
A
|
ALAT
|
|
|
|
|
1
|
Format penialian Denver II
|
2
|
|
|
|
2
|
Kotak berisi alat-alat bantu tes
|
3
|
|
|
|
B
|
Tahap Pra Interaksi
|
|
|
|
|
1
|
Melakukan kontrak waktu
|
1
|
|
|
|
2
|
Menyiapkan alat termasuk mengisi
data pemeriksa dank lien/pasien pada form. Penilaian Denver II
|
2
|
|
|
|
3
|
Mencuci tangan
|
1
|
|
|
|
C
|
Tahap Orientasi
|
|
|
|
|
1
|
Memberikan salam kepada pasien dan
menyapa nama pasien
|
1
|
|
|
|
2
|
Menjelaskan tujuan dan prosedur
pelaksanaan
|
3
|
|
|
|
3
|
Menanyakan persetujuan dan
kesiapan klien sebelum kegiatan dilakukan
|
3
|
|
|
|
4
|
Mempersiapkan lingkungan tempat
pemeriksaan
|
3
|
|
|
|
D
|
Tahap Kerja
|
|
|
|
|
1
|
Memberi petunjuk pada klien/pasien
cara melakukan tes, kemudian meminta klien/pasien untuk melakukannya
|
8
|
|
|
|
2
|
Melakukan tes mulai dari item yang
paling mudah
|
3
|
|
|
|
3
|
Melakukan tes secara urut dari
item yang menggunakan sedikit energi
|
3
|
|
|
|
4
|
Memberi pujian pada anak bila
dapat melakukan tes
|
3
|
|
|
|
5
|
Menuliskan skor pada form. Denver
II setiap satu tindakan tes
|
3
|
|
|
|
6
|
Menyimpulkan hasil tes setelah
menyelesaikan minimal 5 tindakan tes
|
6
|
|
|
|
E
|
Tahap Terminasi
|
|
|
|
|
1
|
Melakukan evaluasi sesuai dengan
tujuan
|
1
|
|
|
|
2
|
Berpamitan dengan pasien/klien
|
1
|
|
|
|
3
|
Membereskan dan kembalikan alat ke
tempat semula
|
1
|
|
|
|
4
|
Mencuci tangan
|
1
|
|
|
|
5
|
Mencatat kegiatan dalam lembar
catatan keperawatan
|
1
|
|
|
|
|
TOTAL
|
50
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar